Rabu, Oktober 12, 2005

Beny Uleander

Jelang Grand Final Miss Chinese Cosmos Pageant 2005

Imelda Wong Bidik Tiga Besar

Ajang Miss Chinese Cosmos Pageant (MCCP) 2005 kali ini boleh dibilang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Seorang puteri bumi pertiwi ini lolos mengikuti semifinal MCCP 2005. Remaja jelita pemegang rekor itu adalah Imelda Wong, asal Medan.

Wartawan media ini berhasil menemui Imelda dan memperkenalkan diri sebagai wartawan lokal. Dengan ramah, Imelda mempersilahkan kami untuk bertanya ‘secara curi-curi’ di ajang resmi itu. “Mas pakai topi dong. Kasihan panas,” guraunya saat kami menguntitnya di sela-sela acara Turtle for Life di Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua, Rabu siang (12/10).

Lanjutnya, “Ini pengalaman pertama naik perahu. Saya tidak takut karena sudah berpikir bukan untuk melaut tetapi melepas kura-kura ke laut lepas agar dia memiliki kehidupan,” obrolnya terburu-buru usai turun dari jukung menuju tenda acara.

Pemilik tinggi badan 73 cm dan berat 53 kg ini mengaku tak menyangka dirinya bisa masuk semifinal MCCP dari ratusan peserta se-Indonesia saat Grand Final MCCP Indonesia di Hailai International Executive Club, Jakarta, Jumat (3/9) lalu.

“Saya tak ada persiapan untuk ikut kontes ini. Waktu itu, kakek yang beri tahu ada acara Miss Chinese. Saya baru mendaftar dua hari sebelum penutupan pendaftaran,” kenang pemilik nama asli Huang Xu Min.

Buah hati pasangan Jeny dan Wong Jeng Loong ini memang sudah terbiasa dengan dunia catwalk. Imelda pernah meraih Juara II Wajah Revlon 2000, Pueri Sumatera dan runner-up I Indonesian Model Indosiar. Tapi baginya, ajang ini agak lain karena khusus bagi remaja yang berdarah China dengan persyaratan bisa berbahasa Mandarin, Inggris dan memahami sejarah dan kebudayaan China. Beruntung, Imelda sudah terbiasa berbahasa Mandarin yang menjadi bahasa keseharian di rumahnya. Kakek dan nenek Imelda keturunan China yang lahir di Indonesia.

Sejak lolos ikut semifinal MCCP 2005 tingkat internasional, Imelda, yang November ini genap berusia 21 tahun, langsung dikarantina di Beijing. 50 Miss Chinese ditempa berbagai pelajaran seputar kultur China dan akan mengikuti grand final pada November mendatang di Beijing. “Saya yakin masuk final,” tandas mahasiswi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Microsmik, Medan.

MCCP 2005 yang disponsori Phoenix TV Hongkong menggelar serangkaian roadshow di Bali sebagai Pulau Dewata (12-14/10) dengan mengunjungi berbagai lokasi wisata di Bali, Jogyakarta – Solo sebagai kota kebudayaan (14-16/10) untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dan Prambanan dan berakhir di Jakarta (16-20/10). (Beny Uleander/KPO EDISI 91/NOVEMBER 2005)

Beny Uleander

About Beny Uleander -

Beny Ule Ander, wartawan dan penulis di Denpasar, Bali. Kini fokus menulis potensi-potensi positif warga NTT diaspora di Bali yang bergabung dalam paguyuban Flobamora Bali.

Subscribe to this Blog via Email :