Kamis, September 08, 2005

Beny Uleander

Cetak Tenaga Trampil Tata Kecantikan

Miko Bridal Salon

Pada dasarnya semua orang ingin tampil cantik. Namun untuk bisa tampil cantik dibutuhkan keahlian khusus untuk untuk merawat kecantikan. Kebutuhan akan tenaga-tenaga terampil tata kecantikan ini dijawab oleh Miko Bridal Salon, sebuah pusat kursus kecantikan yang memiliki ijazah atau sertifikat resmi karena telah mendapat izin dari lembaga pemerintah yang dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan.. Pusat kursus yang diasuh oleh Ibu Jessica ini memiliki dua tempat pelatihan yaitu di Pertokoan Diponegoro Indah 15-16 dan di Jl. Kartini 50 Denpasar Bali.

Pusat kursus tata kecantikan Miko Bridal Salon yang berdiri sejak tahun 1980 ini telah mencetak ribuan tenaga terampil tata kecantikan. Pemberian nama Miko diambil dari kata Mandarin yang berarti kecantikan yang agung. Sesuai dengan namanya, maka Miko Bridal Salon ingin agar para lulusannya memiliki kualitas tinggi dalam hal menata kecantikan. Materi yang diberikan kepada para peserta disesuaikan standar kurikulum nasional bidang kecantikan yang meliputi, pertama; Tata Kecantikan Kulit (TKK) baik untuk tingkat dasar, terampil dna mahir yang terdiri dari perawatan muka, make up wajah perawatan kaki dan tangan adan perawatan tubuh pada umumnya. Kedua,Tata Kecantikan Rambut (TKR) yang meliputi cara potong, kriting, blow, set, sanggul, cerambath, pelurusan dan cat rambut. Ketiga, Tata Rias Pengantin dengan berbagai modifikasi sesuai dengan selera klien. Untuk memperoleh sertifikat kursus, para peserta harus mengikuti ujian terutama ujian nasional baik teori maupun praktek.

Penyajian materi terdiri dari 25% teori dan 75% praktek. “Peserta diajak untuk belajar sambil bekerja,” demikian diungkapkan ibu yang pernah mendapat penghargaan The Best of Country tata kecantikan se- Asia Pasifik. Murid-murid yang pernah belajar di pusat kusus tata kecantikan Miko bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari berbagai negara seperti Perancis, Inggris Belgia, Tahiland dan paling banyak adalah dari Jepang.

Keungulan yang hanya dimiliki oleh pusat kursus tata kecantikan Miko Bridal Salon adalah memperkenalkan inovasi baru kepada masyarakat Bali tentang cara perawatan rambut agar tetap cantik dan sehat yang disebut dengan Hair Enhance dan Hair Extension. Teknik ini pertama kali dikembangkan di Italia kemudian menyebar sampai ke Asia khususnya Jepang dan Korea. “Di Indonesia baru pertama kali dikembangkan di Miko Bridal Salon,” urai ibu yang pernah menjadi mahasiswi Commite International d’Esthetique et de Cosmetologie, sebuah lembaga pendidikan kecantikan yang berpusat di Swiss. (Beny Uleander & Arnold Dhae/KPO EDISI 89/OKTOBER 2005)

Beny Uleander

About Beny Uleander -

Beny Ule Ander, wartawan dan penulis di Denpasar, Bali. Kini fokus menulis potensi-potensi positif warga NTT diaspora di Bali yang bergabung dalam paguyuban Flobamora Bali.

Subscribe to this Blog via Email :