Minggu, Agustus 10, 2008

Beny Uleander

Alya Rohali Siapkan Bahan Bakar Buat Andjani

“Andjani kalo ke sekolah berangkatnya jam tujuh. Waktu TK, dia sering sarapan di mobil. Saya lalu berpikir tidaklah baik kalo itu jadi kebiasaan,” kenang Alya Rohali (32) mengawali kisah bagaimana ia membiasakan puterinya Namira Andjani Ramadina, berusia 9 tahun, gemar sarapan pagi.
Presenter dan bintang sinetron Alya Rohali hadir di Denpasar bersama puteri semata wayangnya Andjani --buah perkawinan dengan suami pertama Eri Surya Kelana--
membagi tips dan pengalaman kepada orangtua terutama kaum ibu untuk mengisi “bahan bakar” anak sebelum memulai aktivitas seharian.
Sarapan pagi identik dengan mengisi “bahan bakar” sehingga anak memiliki kecukupan energi untuk beraktivitas. Sarapan adalah kegiatan makan yang terpenting bagi anak, setelah makan malam kira-kira 12 jam sebelumnya. Setelah berjam-jam tidak memperoleh asupan makanan, maka tubuh anak membutuhkan sarapan sebagai bekal kegiatannya sepanjang hari.
Riset memperlihatkan bahwa sarapan berperan mendukung prestasi belajar anak di sekolah. Alya Rohali telah membuktikan bahwa anak-anak yang rajin sarapan bergizi, termasuk sereal, akan lebih baik di sekolahnya. “Saya melihat ada korelasi kebiasaan Andjani sarapan pagi dengan prestasinya di sekolah. Andjani jadi jarang sakit, prestasi bagus dan absensinya juga bagus. Andjani jadi jarang jajan di sekolah. Untuk ibu-ibu jangan lupa perhatikan sarapan pagi dan pilih sereal yang bernutrisi,” saran Puteri Indonesia 1996 itu saat menjadi bintang tamu Koko Olimpiade VII 2008 bertema Ajang Kreasi & Prestasi dengan Sarapan Bernutrisi, di GOR Kompyang Sujana, Denpasar, Minggu (10/8).
Menurut konsultan gizi Nestle Farida Nuryati, sarapan memberi 20-23 persen kebutuhan nutrisi. Sarapan juga mencegah kegemukan dan anak bisa jarang jajan. “Sarapan yang baik terdiri dari biji-bijian yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang biasanya terdapat dalam produk gandum utuh,” ujarnya.
Data European Breakfast Cereal Assosiation mengatakan, anak-anak yang sering sarapan sereal lebih tercukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya dibanding dengan anak yang jarang sarapan sereal. (KPO/EDISI 158/AGUSTUS 2008)

Beny Uleander

About Beny Uleander -

Beny Ule Ander, wartawan dan penulis di Denpasar, Bali. Kini fokus menulis potensi-potensi positif warga NTT diaspora di Bali yang bergabung dalam paguyuban Flobamora Bali.

Subscribe to this Blog via Email :